Senin, Desember 07, 2009

TIPS PEMERIKSAAN MOBIL DI MUSIM HUJAN

Tips and Trick - Pemeriksaan Mobil di Musim Hujan
Friday, 14 November 2008
Hujan yang sering turun dalam beberapa hari terakhir mengindikasikan musim hujan mulai menghampiri kita. Selama musim hujan, potensi kecelakaan lalu lintas menjadi lebih besar, yang umumnya terjadi karena gangguan pengelihatan saat hujan lebat, atau jalan yang tergenang air sehingga mengakibatkan efek hydroplanning (ban tidak langsung menapak ke permukaan aspal karena dilapisi air).
Agar perjalanan aman dan lancar, Anda harus memastikan kondisi mobil siap menghadapi derasnya aliran air hujan, jalanan basah, dan genangan air. Oleh karena itu, sebelum mengendarai mobil di musim hujan Anda harus melakukan pemeriksaan di beberapa bagian mobil, yakni :
Wiper
Periksalah apakah motor wiper bekerja dengan lancar, karet wiper masih elastis, air washer cukup tersedia dan semprotannya harus tepat mengenai sasaran. Lakukan penyetelan jika semprotan air wiper yang kurang pas. Anda harus memastikan wiper bekerja dengan baik dan dapat menyapu kaca sehingga air hujan tidak menghalangi pandangan dan penglihatan dapat tetap jernih.
Lampu-lampu
Periksa apakah lampu kecil dan lampu besar dapat menyala. Lengkapi mobil Anda dengan lampu kabut agar dengan sinarnya mampu menembus kabut yang menyelimuti jalan.
Defogger
Cek apakah defogger dapat bekerja dengan baik dengan cara mengaktifkan switch defogger. Indikasinya, kaca belakang terasa hangat ketika defogger diaktifkan. Pada saat hujan, defogger berfungsi untuk menghilangkan embun dengan menghangatkan kaca belakang.
Ban
Lakukan pemeriksaan pada ban. Segera ganti ban mobil Anda jika permukaannya sudah gundul, kembang ban sudah kurang dari satu milimeter, atau ketebalannya kurang dari 80%.
Karet-karet pintu
Periksa karet-karet pintu dari kemungkinan bocor. Lakukan penggantian jika kondisinya memang sudah tidak bagus lagi. Karet-karet pintu yang bocor mengakibatkan air hujan merembes masuk ke dalam kabin mobil dan akan mengganggu kenyamanan berkendara.
Bodi Mobil
Jika mobil terkena air hujan, segera cuci dan bilas dengan air bersih. Air hujan mengandung asam yang berdampak buruk bagi perawatan cat maupun bodi mobil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

,,

Photo Doll at FreeFlashToys.com


Create Fake Magazine Covers with your own picture at MagMyPic.com